Informasi Teknologi Terkini, Blogging, SEO dan Bisnis Online

Cara Mengganti/Mengubah Template Blog Blogger dan Wordpress

Apakah anda belum punya blog? Jika belum maka sebaiknya anda lihat dulu cara membuat blog di blogger dan cara membuat blog di wordpress. Tapi saya yakin anda yang tiba pada halaman ini pasti sudah memiliki blog entah blog menggunakan platform blogger maupun wordpress. Memiliki blog dengan tampilan standart atau blog anda masih menggunakan template bawaan blogger dan wordpress tentunya kurang menarik. Desain template bawaan blogger dan wordpress kurang membuat kita greget karena itu perlu kita perlu mengubah template blog agar telihat lebih yahut. Untuk mengganti template anda tidak usah membuat template sendiri dengan bahasa pemrograman yang sangat rumit yang butuh waktu bertahun-tahun untuk mempelajarinya. anda cupuk search di google dan temukan template yang paling anda sukai.
Kini sudah tak terhitung lagi penyedia template blog baik blogger maupun worpress ada yang diberikan secara cuma-cuma dan ada premium template. Untuk pemula dalam dunia blogging lebih baik menggunakan template gratis seperti saya, tapi kalau anda sudah mahir boleh memilih template blog premium. Template gratis dan premium sangat berbeda dalam segi desain tentunya lebih oke dibandingkan dengan template gratisan, fiturnya pun lebih lengkap dibanding dengan template gratisan dan template premium juga lebih seo friendly. Tapi kali ini coba dulu mengganti template blog anda dengan menggunakan template gratis dan sah. Perlu anda ketahui bahwa template blog bukan hanya bagus dalam hal desain namun juga harus lebih seo friendly dan fast loading agar memiliki nilai yang lebih di mata mesin pencari. Dengan begitu blog anda akan lebih mudah dioptimasi. Untuk mengganti template blog cukup mudah, tapi buat anda yang belum pernah tentunya masih bertanya-tanya, oleh karena itu ikuti langkah demi langkah berikut ini.

Cara Mengganti Template Blog Blogger

Membuat blog dengan menggunakan blogger banyak digemari oleh para webmaster, blogger adalah fasilitas blog gratisan yang disediakan oleh Google. Blog dengan mesin blogger tentunya juga memiliki nilai yang lebih dimesin pencarinya. Jika blog anda adalah blogger dan ingin mengganti tamplatenya silahkan simak dibawah ini.
  1. Temukan template yang anda sukai kemudian download dan simpan di local disk.
  2. Carilah file berextention *.xml
  3. Bukalah file tersebut menggunakan notepat, dan biarkan untuk sementara
  4. Selanjutnya anda login ke dashbord blogger anda
  5. Lalu klik template pada menu dashboard sebelah kiri
  6. Kemudian tombol Edit HTML
  7. Setelah itu akan muncul jendela EditTemplate seperti terlihat dibawah ini.
  8. Kembali lagi ke poin 3, kemudian sorotlah semua isi kode pada notepad tersebut (Crtl+A), kemudian copy dengan meneka tombol Crtl+C
  9. Setalah itu kembali ke dashboar blogger anda dan sorotlah semua kode html
  10. Kemudian pastekan kode tersebut dengan menekan tombol Crtl+V.
  11. Dan kemudia klik Simpan Template
  12. Untuk melihat hasilnya silahkan anda refresh tampilan blog anda
  13. Teereenggg... sudah ganti kan....
Cukup mudah bukan ? sekarang anda sudah bisa mengganti template blogger, selanjutnya bagaimana jika ingin mengganti tamplate blogworpress. Maka simaklah langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengganti Template Blog Wordpress

Selain blogger ngeblog menggunakan mesin wordpress juga menjadi salah satu pilihan oleh banyak orang. Wordpress memiliki banyak template yang bagus-bagus dan mudah jika anda ingin mengganti template blog wordpress anda. Cara mengganti template blog wordpress cukup mudah, tapi jika masih bingun ikuti caranya berikut ini.
  1. Silahkan anda login ke dashbord wordpress
  2. Lihat bila sebelah arahkan ke appearance dan pilih Themes
  3. Kemudian akan muncul banyak sekali pilihan template
  4. Silhkan klik Theme Details untuk melihat detail tampilannya
  5. Jika sudah mendapatkan template yang anda sukai silahkan klik Activate
  6. Untuk melihat hasil template yang sudah anda pilih silahkan reload tampilan blog.
  7. Selesai
Nah cukup mudah bukan cara mengganti template blog blogger dan wordpress, carilah template yang bagus, bersih dan seo friendly tentunya. Ayo trus curahkan kreasimu. Salam Blogger

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Cara Mengganti/Mengubah Template Blog Blogger dan Wordpress"

Back To Top