Informasi Teknologi Terkini, Blogging, SEO dan Bisnis Online

Cara Memperbaiki Windows 7 Rusak atau Corrupt

Kemarin teman saya minta tolong untuk dibenerin laptopnya, saya tanya kepada teman saya emang kenapa laptopnya? Dia bilang blank tidak bisa logon atau masuk window, akhirnya dibawalah laptop tersebut kepadaku. Sebelumnya saya tanya dulu kepada teman saya, kenapa kok bisa begini awalnya kenapa apakah ada virus atau intall/uninstall program atau habis bersihin virus/spyware/malware dsb. Ternyata dia bilang sebelumya dia pernah melakukan clean up malware, dan setelah itu error deh hehe…

Ow berarti ini file system windowsnya ada yang ikut kehapus, system windowsnya berarti rusak alias corrupt. OS yang digunakan atau yang tersetup adalah win 7 ultimate. Nah cara untuk memperbaiki kerusakan windows seperti ini, kita dapat lakukan dengan 2 cara, opsi yang pertama kita bisa melakukan install ulang dan opsi yang ke dua kita bisa repair dan restore system ke earlier time. Kerusakan system pada OS memang sering terjadi baik dengan sebab yang jelas diketahui maupun yang tidak diketahui, ya namanya juga system. Kembali lagi ke laptop…


Teman saya ini seorang pembisnis online jadi laptop ini adalah laptop satu-satunya yang digunakan sebagai cangkul untuk making money online. Oleh karenanya data-data dan program-program yang ada dilaptopnya juga sangat penting. Mengingat hal demikian saya akhirnya memutuskan untuk mengambil opsi yang ke dua yaitu melakukan repairing windows dan restore ke beberapa waktu kebelakang. Karena jika diistall ulang maka program-proram yang ada akan terhapus dan untuk mengembalikannya harus diinstall ulang kembali satu demi satu dan hal ini dapat membuang-buang waktu kita.

Untuk melakukan repair windows (booting via CD/DVD) anda dapat mengikuti prosedur berikut ini:
  1. Siapkan CD master win 7 yang sesuai dengan versinya.
  2. Atur booting pertama melalui CD/DVD, Untuk merubah first booting, second booting dan seterusnya anda dapat melakukannya melalui bios.
  3. Setelah booting dari CD/DVD dengan master win 7 diatas akan muncul jendela intall now, lalu pilih Repair Your Computer.
  4. Kemudia anda akan dibawa ke jendela System Recovery Option, pilih use recovery tools bla.. bla..bla.. selanjutnya pilih next.
  5. Kemudian masuk ke jendela dengan opsi Startup Repair, System Restore, System Image Recovery, Windows Memory Diagnostic, Command Prompt.
  6. Selanjutnya anda dapat repair windows melalui Startup Repair atau System Restore, anda tinggal ikuti langkahnya saja, karena akan berjalan secara otomatis.
  7. Selanjutnya Finish dan Restart
Mudah bukan, anda bisa praktek dan mencoba sendiri untuk melakukan trouble shooting jika mengalami masalah komputer atau laptop seperti ini, semoga dapat membantu jika memang anda membutuhkan informasi ini.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Windows 7 Rusak atau Corrupt"

Back To Top