Informasi Teknologi Terkini, Blogging, SEO dan Bisnis Online

Cara Menulis di Blogspot Dengan Mudah

Cara Menulis di Blogspot, sampai di ini saya yakin bahwa anda saat ini sudah memiliki sebuah blog. Ini berarti anda telah memiliki dua akun sekaligus yaitu akun gmail dan akun blogger. Sekarang tiba saatnya anda untuk mengisi konten artikel dan gambar untuk blog anda agar blog anda tampak lebih bagus dan dapat mendatangkan pengunjung. Bagian ngeblog atau blogging yang terpenting adalah pada tahap pengisian konten. Sebab apalah artinya sebuah blog jika tidak berisi konten sama sekali. jadi menulislah artikel sebanyak-banyaknya untuk blog anda.

Untuk mengisi konten artikel di blog, dapat anda lakuakan dengan membuat postingan (post) atau membuat halaman (page). Untuk memulai membuat postingan artikel anda dapat mengklik menu Entri Baru kemudian akan muncul halaman editor seperti tampak pada gambar dibawah ini.
 

Coba anda perhatikan halaman editor post tampilannya sudah visual seperti pada tampilan Ms Word. Jika anda sudah pernah membuat tulisan melalui Ms. Word saya yakin anda pasti bisa menulis diblog. Untuk mengetik artikel anda sebaiknya menggunakan modus Compose untuk mengedit dan mengetikan artikel dengan konsep WYSIWYG (what you see is what you get) artinya hasil tampilan artikel diblog akan sama persis dengan apa yang dilihat saat mengetik. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika anda sudah pandai dengan bahasa HTML, anda dapat menggunakan modus HTML.

Untuk membuat tampilan artikel anda agar tampak lebih bagus anda dapat mengedit melalui tool yang telah disediakan seperti tampak diatas bidang editor, atau anda bisa perhatikan gambar dibawah ini.
Jadi sepertihalnya word processor (Ms. Word atau Open Office), anda dapat membuat gaya tulisan sesuka anda seperti membuat tulisan tebal, miring, bergaris bawah, size, warna, angka urut, rata kiri dan rata kanan, dan anda dapat juga menyisipkan gambar dan video.

Setelah anda paham dengan tampilan post editor langkah selanjutnya adalah :

Membuat judul Artikel

Pemilihan judul artikel juga tidak kalah penting dari nama blog anda, buatlah judul artikel semenarik mungkin agar dapat menarik pengunjung untuk membaca tulisan anda sampai selesai. Tulislah judul atikel pada kolom judul yang tersedia.
 

Menulis Artikel

Sebagaimana yang telah saya utarakan di atas, mengetik artikel dapat menggunakan dua modus yaitu Compose dan HTML. Namun sebagai pemula yang belum pernah atau belum terbiasa menulis di blog disarankan agar menggunakan modus compose. Ini akan membuat anda lebih mudah untuk mengedit artikel seperti membuat huruf tebal, miring, memilih font dan warna.

Memberikan Label Pada Setiap Artikel

Dengan memberikan label (kategori) disetiap artikel yang anda publikasikan akan dapat mempermudah pembaca untuk menemukan konten yang diinginkan atau konten yang berhubungan dengan apa yang mereka cari. Memberikan Label berarti anda telah mengelompokkan topik artikel berdasarkan pada kategori, misalnya Smartphone, Tablet, Android anda kelompokkan kedalam label atau kategori gadget. Memberikan label disetiap artikel cukup mudah anda tinggal mengklik menu label yang ada di bagian kanan bidang editor.

Memberikan tautan atau link

Dalam kegiatan blogging khususnya ketika menulis artikel ada hal yang penting dan tidak boleh diabaikan yaitu memberikan tautan (link). Pemberian tautan ini akan memberikan pengalaman menarik kepada setiap pengunjung sebab mereka dapat menjelajah lebih jauh isi blog anda yang memungkinkan artikel anda sebelumnya akan terbaca juga, misalnya tulisan anda sedang membahas tentang cara menulis artikel diblogspot anda dapat memberikan link Cara edit tulisan di blogspot. Link juga berfungsi sebagai referensi penulisan berperan seperti halnya daftar pustaka jika penulisa itu dilakukan dibuku atau makalah.

Cara membuat tautan atau link anda dapat menyorot kalimat mana yang ingin anda kasih link/tautan. Kemudian sorot/blok tulisan tersebut kemudian klik link di toolbar (Link) lalu klik OK.
 

Mempublikasikan/Menerbitkan Artikel

Jika tulisa anda sudah rampung dan menurut anda sudah sempurna, maka yang terakhir adalah mempublikasikan tulisan anda di blog. Cara mempublikasikan artikel anda tinggal klik Publikasikan disebelah kanan kolom judul artikel.

Jika artikel sudah anda terbitkan dan suatu ketika anda kurang srek dengan tulisan anda, maka anda dapat melakukan edit post. Bagaimana melakukannya simak di cara edit tulisan di blogspot.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Cara Menulis di Blogspot Dengan Mudah"

Back To Top