Informasi Teknologi Terkini, Blogging, SEO dan Bisnis Online

Pengertian dan Kegunaan Blog Serta Sisi Negatifnya

Sebelum kita memulai membuat blog diblogspot marilah kita mengenal dan mengetahui pengertian blog itu sendiri. Blog berasal dari kata Web dan Log berarti web dan catatan lalu disingkat dengan Blog. Jadi pengertian blog adalah tulisan atau catatan online berbasis web atau situs sederhana berisi tulisan-tulisan artikel, gambar, audio dan video yang berurutan berdasarkan tanggal yang sering digunakan sebagai jurnal, catatan harian pribadi, menjual barang. Blog bersifat sederhana sehingga memungkinkan bagi siapa saja mampu membuatnya walaupun hanya dengan pengetahuan internet yang minim sekalipun.

Blog yang dibahas kali ini adalah blog berplatform blogspot yang dimiliki perusahaan internet (search engine) raksasa yaitu Google. Blogspot menurutku memiliki fitur yang sederhana, jadi siapa saja dapat dengan mudah membuat, mendesain, bahkan mengopstimalkan dimesin pencari Google itu sendiri. Saya yakin blogspot memiliki tempat tersendiri dimata mesin pencari Google karena ini adalah produk dia dan hasil pencariannya pun dapat diutamakan ketimbang yang lain.

Blog yang telah dipublikasikan oleh si pembuat dapat diakses oleh siapa saja, semua konten baik tulisan maupun gambar semuanya mengandung hak penuh oleh pemilik blog. Begitu juga tanggung jawab pun sepenuhnya ditanggung oleh sipemiliki blog. Sedari itu janganlah mempublikasikan informasi sembarangan, semua ada aturannya. Google pun punya aturan sendiri atas penggunaan layanannya itu. Dengan demikian Google sangat berhak untuk mendelet blog anda kekalipun dengan akun gmail anda. Jadi jangan melakukan pelanggara-pelanggaran di blog anda, karena dapat membawa anda ke ranah hukum. Berbagilah hal yang baik dan positif kepada yang lain meskipun toh hanya melalui sebuah blog.
Iimage : Flickr.com
Fungsi blog

Melalui blog anda dapat berbagi informasi apapun tentunya masih dalam koridor tidak melanggar hukum dan norma. Misalnya anda ingin berbagi ilmu pengetahun, tips, trik, edukasi dan masih bayak hal yang dapat anda sampaikan ke publik, ini hanya bersifat sharing bukan sok pinter atau bahkan menggurui. Segi positif dari informasi yang kita sampaikan biasanya anda akan mendapat tanggapan dari para pembaca baik berupa kritikan atau saran. Kritikan dan saran tersebut secara tidak langsung adalah pelajaran bagi anda untuk menjadi lebih baik lagi, bahkan dari kritikan dan saran itu tak jarang akan muncul sebuah ide-ide baru dalam penulisan artikel berikutnya. Banyak blogger yang sukses dengan menulis dari saran dan pertanyaan para pembaca blognya, sehingga ia mampu mendapatkan pengunjung setia. Ya tanpa ada rahasia lagi blog kini juga sudah dimanfaatkan sebagai ladang penghasilan, google adsense misalnya.

Dengan membuat blog akan dapat membuat kita selalu untuk berbuat positif baik bagi diri sendiri maupun kepada orang lain, karena didorong oleh rasa ingin berbagi sesuatu hal yang bermanfaat. Blog yang dapat mendatangkan pengunjung bahkan pengunjung yang setia akan secara otomatis terjalin pertemanan antara sipemilik blog dengan pembaca meskipun hanya dimediasi oleh sebuah blog. Semakin banyak pengunjung memungkinkan akan semakin banyak teman, dan taukah sobat teman bukan hanya satu dusun, satu RT, satu RW atau satu kecamatan, tetapi anda dapat mendapatkan teman dimanapun dia berada. Banyak blogger yang sukses memiliki banyak teman online yang berada di luar negeri, dan banyak juga yang memiliki karyawan diluar negeri walaupun anda tinggal di sebuah desa kecil.

Blog Untuk Bisnis Online

Sebelumnya saya sudah menyinggun kesuksesan para blogger melalui blog, ya akhir-akhir ini blog bukan hanya sebagai media tukar ilmu pengetahuan, tetapi sudah banyak digunakan sebagai ajang bisnis online. Ini memang sudah tak dapat dibendung, bagi para otak pembisnis, internet merupakan lahan bisnis yang sangat subur. Dan kalau saya lihat semua sudah mengarah ke sana, bagaimana tidak hampir semua kegiantan usaha offline sudah terkomputerisasi dan sudah mengonlinekan usahanya.

Sisi Negatif Blog

Kemajuan teknologi memiliki banyak sisi positif, akan tetapi sisi negatifnya juga ada. Akhir-akhir ini blog bukan lagi hanya dijadikan media informasi bermanfaat, berbisnis bersih, dan mencari teman. Blog-blog sekarang banyak juga yang menyesatkan, merusak moral dan aklhak, dengan tujuan penipuan dan masih banyak lagi kejahatan-kejahatan maya lainnya.

Kesimpulannya, blog adalah salah satu bentuk dari kemajuan teknologi, ketahui sisi positif dan negatifnya serta aturannya. Gunakan blog sebagaimana mestinya. Ow ya sebelum anda membuat blog sebaiknya buatlah email Gmail terlebih dahulu, untuk langkah-langkahnya dapat anda baca di Cara Membuat Email Gmail Gratis, jika anda sudah punya selahkan langsung  saja ke Cara Buat Blogspot Gratis Cepat dan Mudah.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Pengertian dan Kegunaan Blog Serta Sisi Negatifnya"

Back To Top